Eggi168 Weblog

July 11, 2008

romansa kehidupan

Filed under: diri sendiri — eggi168 @ 8:37 am

Akhir pekan ini Ibukota diguyur hujan. Sebuah peristiwa alam yang terbilang unik karena biasanya hujan turun pada bulan-bulan berakhiran ”Ber” atau ”Ri”. Lha koq ini di bulan Juni ? Teman saya bilang para dewa khayangan sedang bersedih karena adanya SKB 3 menteri yang usik-usik kepercayaan seseorang. Sementara teman saya yang lain berkata inilah cara Tuhan menyejukan kembali hati orang Indonesia yang sekian hari panas oleh isu naiknya harga BBM, aksi serang antar organisasi, dan benturan politik.

Apapun itu, praktis selama dua hari di akhir pekan saya hanya berdiam diri di dalam rumah saja. Saya urung pergi karena malas berhujan ria apalagi sambil kendarai motor.

Hari Sabtu, saya mengunjungi pacar di rumah kontrakannya. Tidak kemana-mana karena hujan sudah turun sejak pukul sepuluh pagi. Turun bahkan reda ketika jam sudah sembilan malam.

Hasilnya selain mengobrol, saya pun tertidur pulas hanyut terbawa suasana yang memang mendukung untuk beristirahat. Sejenak saya seperti menemukan kedamaian hidup, sejenak beristirahat dari rutinitas belakangan waktu lalu yang hampir tidak memberi saya ruang untuk sekadar menghela nafas.

Saya memang tidak begitu sibuk. Bahkan mungkin kalau saya bilang saya sibuk adalah suatu hal yang mengada-ada. Tetapi apa yang terjadi pada lingkungan tempat saya bekerja belakangan ini membuat adrenalin berpacu.

Secara kebetulan, beberapa rekan kerja mengundurkan diri. Bagi saya, adalah suatu hak bagi seseorang untuk memilih dimana ia bekerja. Suatu hak pula untuk melangkah dan memutuskan yang terbaik bagi dirinya. Bukankah kita bekerja karena didorong beragam faktor ? Ada yang mencari kebutuhan finansial, kepuasan batin atau hanya sekedar bekerja mengisi waktu luang.

Tetapi euforia keluarnya sebagian rekan kerja berimbas juga pada alam pikiran saya. Mau tidak mau saya pun berpikir apa yang sebaiknya saya lakukan, kembali bekerja atau ikut mencari lahan kerja baru. Pikiran ini terus-menerus menghantui saya kalau boleh jujur. Dan inilah yang kemudian membuat pusing kepala saya.

Entahlah! Situasinya berbeda ketika saya memutuskan berhenti kerja di perusahaan sebelum saat ini. Ketika itu saya tidak ragu untuk ’mencari yang lain.’ Ya karena memang saya tidak lagi banyak berharap terhadap perusahaan.

Sebuah keputusan tentu tidak bisa diambil dalam keadaan terburu-buru atau cepat. Dulu pun ketika memutuskan berhenti, saya butuh waktu hampir bulanan sampai kemudian mantap untuk kembali mengirim surat lamaran demi surat lamaran.

Ah… sejenak saya berhenti memikirkan euforia itu. Dalam pejaman mata yang ditemani rintik hujan, saya tertidur. Tapi tidur kali itu istimewa. Entah kenapa satu per satu saya teringat kembali bagaimana diri saya beberapa waktu lalu.

Teringat ketika setiap hari menyambangi kantor pos guna mengirimkan lamaran. Atau ingat pagi-pagi bangun karena harus menjalani tes di sebuah perusahaan pada pukul sembilan pagi. Pokoknya saya diajak kembali melihat diri saya hari kemarin.

Sampai kemudian saya sadar bahwa tujuan kita dalam hidup ini adalah belajar. ”bukan dimana kita tapi bagaimana kita.”

Hidup adalah proses belajar, belajar dan belajar. Khalil Gibran berkata bahwa orang yang berhenti untuk belajar adalah MATI meski ia merasa memiliki kehidupan.

Hakikat inilah yang kemudian kembali saya sadari. Kembali saya pahami. Sudahkah saya melakukan yang terbaik dalam proses belajar di perusahaan ini ? Atau saya hanya baru melakukan proses belajar paling dasar ?

Dan bila nanti proses belajar sudah cukup, maka sebuah lompatan pun akan saya lakukan. Karena sekali lagi, hidup adalah belajar !

Advertisements

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: